Perbedaan Qlobot dan Qlobot Launcher

You are here:
Estimated reading time: 3 min

Sesi ini adalah sesi yang kami rangkum dari pertanyaan-pertanyaan yang kami terima. Guna untuk mempermudah mengenali dan membedakan, maka kami merasa beberapa bagian penting yang perlu kami sampaikan terkait perbedaan Qlobot dengan Qlobot Launcher adalah sebagai berikut :

Customizable, penyesuaian fitur-fitur kebutuhan pengguna.

A. Qlobot Versi 1.x.x

Qlobot ialah software pendukung produksi produk di toko para dropshiper. Ia sebagai software utama sekaligus peyedia fitur untuk menunjang kinerja spamer marketplace.

Fitur yang ada di Qlobot sudah paten, sehingga jika kamu hanya membutuhkan satu atau bebera fitur yang ada, kamu harus memiliki satu paket dengan fitur-fitur lain yang nantinya tidak kamu gunakan.

B. Qlobot Launcher

Qlobot Launcher ialah sebagai wadah/aplikasi induk untuk tool-tool advance untuk menunjang kebutuhan optimasi toko marketplace.

Qlobot Launcher sendiri tidak memiliki fungsi apapun selain untuk mewadahi tool-tool yang akan kamu instal, sehingga tool yang ada di Qlobot Launcher sangat bisa kamu sesuaikan sesuai apa yang kamu butuhkan, kamu bisa tentukan tool apa yang kamu butuhkan untuk kamu pasangkan ke Qlobot Launcher.

Price, Anggaran yang harus di keluarkan

A. Qlobot Versi 1.x.x

Dikarenakan Qlobot adalah software tunggal, maka saat kamu beli Qlobot untuk dapatkan fitur tertentu, kamu harus rela membeli fitur-fitur lain yang tidak kamu butuhkan.

Hal ini sangat mengganggu dari segi ekonomi, kamu harus merelakan anggaran lebih gede demi mendapatkan fitur kebutuhanmu, padahal kamu bisa dapatkan fitur yang hanya kamu butuhkan saja dengan harga yang lebih murah.

 

B. Qlobot Launcher

Seperti yang dijelaskan artikel sebelumnya, bahwa Qlobot Launcher sangatlah fleksibel dalam penentuan tool yang akan kamu pasang, ini akan berpengaruh pada anggaran yang kamu keluarkan.

Semisal kamu hanya butuh tool untuk delete produk, maka yang perlu kamu bayarkan adalah harga dari tool itu saja. Sehingga, lebih hemat dan anggaranmu dapat kamu siapkan pada kebutuhan lainnya.

Fleksibility, kemudahan managemen kerja tim.

A. Qlobot Versi 1.x.x

Dikarenakan fitur-fitur yang ada di Qlobot tidak dapat dipecah, maka ketika kamu bekerja dengan tim, kamu harus siapkan Qlobot untuk setiap anggota, meski kita tahu tugas setiap anggota berbeda.
Misalkan tim kamu sebanyak 4 tim;

  • Anggota pertama untuk kelola Tokopedia
  • Anggota kedua kelola Shopee
  • Anggota ketiga kelola Bukalapak
  • Anggota keempat untuk follow up pesanan,

dengan skema Qlobot, jika ada 4 anggota maka kamu harus siapkan 4 Qlobot agar kinerja Tim dapat berjalan lancar.

B. Qlobot Launcher

Dengan kemudahan sistem Qlobot Launcher, jika kamu kerja tim, ini sangat memudahkan pembagian tugas dengan hanya menyiapkan tool-tool yang dibutuhkan setiap anggota saja.

Semisal salah satu anggota pertama kebutuhannya hanya untuk Tokopedia, maka tidak perlu pasangkan tool lain, cukup pasangkan tool Tokopedia saja

Quick Update, lebih cepat beradaptasi dengan Marketplace.

A. Qlobot Versi 1.xx

Update dan perubahan kebijakan Marketplace selalu ada, ini mengharuskan Qlobot mengikuti update serta menyesuaikan kebijakan baru dari setiap perubahan.

Namun, dikarenakan elemen pada Qlobot saling berkaitan satu sama lain, misalkan elemen Qlobot yang perlu update adalah untuk Shopee, maka elemen untuk Marketplace lain harus menyesuaikan juga, hal itu difungsikan agar kinerja untuk marketplace lain tetap lancar.

Ini sangat berpengaruh kepada waktu rilis Qlobot cenderung lama, setiap update dan perubahan marketplace, karena yang seharusnya Qlobot hanya update untuk Shopee saja, maka secara otomatis akan update juga untuk Tokopedia dan Bukalapak, misalnya.

B. Qlobot Launcher

Berbeda dengan Qlobot, tool-tool yang ada di Qlobot Launcher terdiri dari elemen yang terpisah setiap toolnya. Sehingga ketika tool untuk Bukalapak Update, developer tidak perlu mengupdate pada tool lain.

Yang artinya, waktu proses updating atau proses rilis versi baru lebih singat, tanpa mengganggu kinerja Qlobot Launcher.

Pola Kerja dan Tujuan Pengguna

A. Qlobot Versi 1.x.x

Qlobot sangat identik dengan pola kerja spaming, banyak toko, banyak barang maka banyak orderan.
Ini sangat terlihat dari menu dan fitur-fitur yang disediakannya, Qlobot dapat ambil data produk banyak sekaligus, upload ke banyak toko sekaligus, sehingga terkesan berlomba-lomba memenuhi marketplace dengan produk yang kita miliki saja.

Sayangnya, kebijakan dan aturan marketplace tidak tetap, kasus akun toko baned dikarenakan spaming sangatlah banyak, sehingga sistem banyak toko, banyak produk akan banyak orderan sudah semakin menjauh.

Sisi lain, tools yang ada di Qlobot hanya mampu menjalankan fitur yang kurang kompleks dalam melakukan misinya.
Misalkan, saya mau hapus produk di Shopee, filter yang disediakan hanya filter nama dan jumlah produk, ini sangat rentan dengan terhapusnya produk yang sudah ada penilaian di toko kamu.

 

 


B.  Qlobot Launcher

Qlobot Launcher dirilis dengan tujuan memudahkan pekerjaan dropshiper dengan sisi lain memperhatikan perubahan kebijakan marketplace. Qlobot Launcher memprioritaskan keberlangsungan akun marketplace kamu lebih lama, daripada banyak akun dengan waktu singkat rentan ter-baned.

Hal tersebut terlihat dari fitur yang disediakan, tool-tool Qlobot Launcher menyediakan varian Filter yang lebih detil dan kompleks, semisal kamu hanya mau hapus produk di tokomu yang terblokir karena kebijakan, kamu tidak perlu khawatir dengan terhapusnya produk yang selama ini sudah ada reputasi dan penjualannya.

Sehingga produk yang tertampil di tokomu, hanya produk yang bereputasi baik, dan cenderung meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan calon pelanggan.

Kami kira beberapa hal diatas adalah hal yang mendasari Qlobot dan Qlobot Launcher sangatlah berbeda, jika kamu memiliki pertanyaan, uneg-uneg perihal beda Qlobot dan Qlobot Launcher diluar konteks yang kami sampaikan di atas atau hal yang mungkin luput belum kami terima pertanyaan, silahkan konfirmasikan pertanyaan mendetailnya kepada CS dan Tim Terkait kami.

Terima kasih 🙂

Perbedaan Qlobot dan Qlobot Launcher
Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 288